Sejarah STIE Kesuma Negara Blitar

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi “Kesuma Negara” disingkat STIEKEN, didirikan oleh Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar. dengan sebuah Akta Notaris, yaitu Notaris Budi Dharmakusuma, S.H. dengan nomor Akta Notaris : 5, tanggal 7 Mei 1989 yang berkedudukan di Blitar.

Sesuai dengan perkembangan yang dinamis akan kebutuhan penyesuaian globalisasi, Yayasan Pendidikan Kesuma Negara Blitar sebagai Badan Pendiri STIEKEN Blitar berganti nama menjadi Perkumpulan Kesuma Negara Blitar pada bulan Juli 2002. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar mendapat ijin pemerintah dengan SK. Mendikbud No. 0325/0/1990 dengan tujuan ikut serta mencerdaskan kehidupan sosial ekonomi bangsa Indonesia, menyiapkan tenaga yang cakap, trampil serta ahli dalam bidang manajemen dan akuntansi.

Bring knowledge for a better future

Motto STIE Kesuma Negara Blitar

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar bertekad menjadikan “Ilmu Pengetahuan sebagai Jembatan Masa Depan” sebagai filosofi penyelenggaraan dan pengembangan perguruan tinggi. Dari tekad tersebut Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Kesuma Negara (STIEKEN) Blitar merumuskan motto “Bring knowledge for a better future” dengan maksud bahwa setiap penyelenggaraan dan pengembangan, STIEKEN Blitar berusaha mengintegrasikan antara nilai-nilai keilmuan dengan kebutuhan masyarakat secara umum sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masa depan yang lebih baik dalam menghadapi tantangan di era global dengan dijiwai oleh nilai-nilai ilmiah yang bertanggungjawab untuk mengembangkan ekonomi masyarakat

Fasilitas Kampus

STIE Kesuma Negara Blitar memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang bisa digunakan baik oleh sivitas akademika maupun masyarakat yang diantaranya adalah :

Laboratorium Multimedia

Penggunaan komputer sebagai bagian dari proses belajar-mengajar dalam sebagian besar mata kuliah manajemen dan akuntansi telah diterapkan sejak tahun 1990-an. STIE “Kesuma Negara” (STIEKEN) Blitar mempunyai fasilitas yang memadai dalam mendukung kebijakan, dan mendorong perbaikan secara terus-menerus dalam hal proses belajar-mengajar. Saat ini STIE “Kesuma Negara” (STIEKEN) Blitar telah berhasil mengimplementasikan teknologi yang berbasis penggunaan multimedia dalam perangkat komputer yang digunakan untuk video conference, laboratorium bahasa, pelatihan interaktif berbasis teknologi informasi dan tempat ujian sertifikasi Microsoft Office dan Bahasa Inggris. 

Perpustakaan

Perpustakaan STIE “Kesuma Negara” (STIEKEN) Blitar memiliki pusat untuk penelitian dan penalaran. Perpustakaan utama STIE “Kesuma Negara” (STIEKEN) Blitar terdiri dari buku-buku, jurnal ilmiah, hasil penelitian, skripsi, tesis, majalah, kumpulan hasil seminar, dan dokumen-dokumen fakultas. Pelayanan yang diberikan meliputi peminjaman buku antar perpustakaan, pelayanan foto copy, pusat media dan bantuan profesional/pustakawan.

Dalam memberikan kemudahan bagi seluruh civitas akademika dan masyarakat umum yang membutuhkan, perpustakaan STIE Kesuma Negara Blitar juga menyediakan Perpustakaan Digital yaitu penyediaan fasilitas mencari buku koleksi, membaca koleksi secara digital, perpustakaan karya ilmiah di repository, maupun koleksi karya ilmiah dalam bentuk jurnal yang semuanya bisa diakses oleh umum (open access).

Untuk mengakses perpustakaan digital bisa menggunakan alamat di https://siperon.stieken.ac.id

Untuk mengakses repository bisa menggunakan alamat di https://repository.stieken.ac.id

Untuk mengakses perpustakaan digital dalam bentuk jurnal ilmiah bisa menggunakan alamat di https://journal.stieken.ac.id

Aula dan Ruang Seminar

Pusat Kegiatan Terpadu Terbuka Untuk Umum

STIE “Kesuma Negara” (STIEKEN) Blitar memiliki aula yang digunakan sebagai pusat bagi aktivitas-aktivitas terpadu bagi sivitas akademika termasuk juga bagi masyarakat yang membutuhkan. Aktivitas-aktivitas tersebut meliputi kuliah tamu, seminar, lokakarya, olah raga, musik, pameran kesenian dll. Aula ini dilengkapi dengan kapasitas  sekitar 300 tempat duduk dan pendingin serta sound system.

STIE Kesuma Negara Blitar juga memiliki Ruang Seminar yang digunakan sebagai tempat pelatihan, rapat organisasi, seminar mahasiswa dan kegiatan lain yang membutuhkan ruang yang lebih kecil daripada aula.

Fasilitas ini juga terbuka bagi masyarakat umum yang ingin menggunakannya, jika berminat silahkan klik tombol dibawah ini

Fasilitas-fasilitas lain

Ingin bertanya lebih jauh ?

Selain fasilitas diatas ada banyak fasilitas yang kami berikan kepada sivitas akademika, seperti :

  1. Laboratorium Pasar Modal
  2. Layanan Internet Gratis
  3. Layanan Sistem Informasi Manajemen kampus

Jika masih ada yang ingin ditanyakan seputar STIE Kesuma Negara Blitar, jangan ragu untuk klik tombol dibawah ini untuk menghubungi kami :

 

%d bloggers like this: